Kamis, 14 April 2016

Masamba: Bola Salju diPegunungan Loka Bantaeng

Bagi Masyarakat yang hidup diwilayah Sulawesi mengenal bunga ini dengan sebutan Bunga Masamba. Bungan ini dikenal dengan Bunga Hortensia, sedangkan dalam bahasa melayu dikenal dengan bunga tiga bulan. Keindahan bunga ini pada bentuk bunganya yang menyerupai bula salju, warna bunga yang menarik serta kelopak bunga yang indah dengan bentuk bintang.


Masamba atau Hortensia (Hydrangea) adalah nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sebagian besar spesies berasal dari Jepang dan Tiongkok. Tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, tapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Liat gambar dibawah ini, tuh kan mirip bola salju


Bunga berwarna putih pada sebagian besar spesies, tapi beberapa spesies terutama H. macrophylla mempunyai bunga yang bisa berwarna biru, merah, merah jambu, atau ungu bergantung pada tingkat pH tanah. Sewaktu masih kuncup, bunga berwarna hijau, berubah menjadi putih, sewaktu mekar berwarna biru muda atau merah jambu yang secara bertahap berubah menjadi warna-warna yang lebih tua tua (biru tua atau merah) sebelum bunga rontok. Salah satu keunikan dari bunga ini juga warna bunga dapat berubah tergantung tingkat asam basa media tanah yang digunkan utnuk tumbuh tanah yang bersifat asam menghasilkan bunga berwarna biru, tanah pH normal menghasilkan bunga berwarna putih krem, dan tanah yang bersifat basa menghasilkan bunga berwarna merah jambu atau ungu. Bunga Masamba merupakan salah satu dari tanaman yang pada daun bunga mengumpulkan unsur aluminium yang dilepaskan tanah yang bersifat asam sehingga bunga menjadi berwarna biru.
Pada Umumnya bunga ini dapat tumbuh subur didaerah beriklim sejuk, tapi tidak menutup kemungkinan dapat tumbuh didaerah dataran rendah tetapi akan menghasilkan bunga dalam waktu yang sangat lama.
Bunga hortensia bersifat sedikit beracun jika dimakan karena semua bagian tanaman mengandung glukosida sianogenik atau senyawa yang mengandung gugus CN (sianida) dalam kadar tertentu dapat berracun bagi tumbuh manusia, walaupun demikian jarang ada kasus keracunan karena tanaman ini tidak kelihatan enak dimakan. Daun dan akar tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Gambar ini juga mirip bola salju.


Adapun Beberapa Manfaat Bunga Masamba bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

Dapat digunakan untuk membuat teh herbal seperti yang biasa dilakukan pada beberapa upacara keagamaan
Akar, batang, daun dan bunganya dapat digunakan sebagai obat diare
Ekstrak daun masamba mampu menghambat parasit penyebar malaria
Dapat mengobati kebotakan pada rambut
Daun dapat dipakai sebagi obat diabetes, antimikrob, dan sebagai zat hepatoprotektor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar