Senin, 06 Juni 2011

Tanaman Hias


Balai benih Hortikultura Loka selain menghasilkan bibit kentang dan Talas juga mengembangkan tanaman Hias. Hal ini dilakukan karena bantaeng ingin menjadikan kecamatan Uluere sebagai kota bunga.
Tanaman Hias yang dikembangkan di Balai Benih Hortikultura adalah Krisan, Pucuk Merah, Geranium, Wijaya Kusuma, Mawar, Cemara Kipas, Asoka, Gladiol dan Anggrek. Khusus untuk bunga krisan, jenis yang dikembangkan adalah jenis bunga potong dan pot.
Untuk bunga potong, jenis krisan yang dikembangkan adalah yang bunga tungal dan spray atau bercabang banyak. Varietas krisan tunggal yang dikembangkan adalah Fiji White, Fiji Yellow, Fiji Dark dan Sakuntala sedangkan varietas Krisan Spray adalah Town talk, Puspita Nusantara, Regent White, Regent Suplendit, Puma, Puma sunny, Swarna Kencana, Wastu Kaniya, Pasopati dan Super Red.
Tanaman hias yang dikembangkan di balai benih hortikultura diperbanyak dengan beberapa teknik tergantung dari jenis bunganya. Khusus untuk bunga krisan diperbanyak dengan cara stek. Stek hasil perbanyakan krisan di tanam di bedengan, Polybag dan Pot. Dalam satu tanaman bisa diperoleh stek sekitar 15 tanaman.
Tanaman Hias yang telah dikembangkan di Balai Benih Hortikultura Loka selain dibagikan ke masyarakat juga dipasarkan melalui Outlet outlet yang telah dibangun disekitar area Balai Benih dan untuk khusu bunga krisan juga dipasarkan di Makassar.
Penanggung Jawab : Sudirman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar